Situs Resmi Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat

Diskop UKM Kalbar Buka Tenant di Event Akbar Pemprov, Beri Dukungan Promosi Produk UMKM

Penulis: Anggita Putri | Editor: Mirna Tribun

 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Rangkaian deretan event Pemerintah Provinsi Kalbar telah sukses digelar pada Februari 2024. Diantaranya Saprahan Khatulistiwa pada 17-23 Februari di Pontianak Convention Center (PCC).

 

Kedua, Kalimantan Barat (Kalbar) Food Festival 2024, pada 17-25 Februari 2024, yang terpusat di Halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak, yang dirangkaikan dengan Rekor Muri memangkong sotong, yang melibatkan 570 peserta.

 

Ketiga, Launching Calender of Event (CEO) Kalbar 2023, pada 23 Februari bertempat di PCC Pontianak.

 

Dan tahun ini, menjadi tahun ketiga, Calender of Event Kalbar dilaunching oleh Menparekraf Sandiaga Uno.

 

Keempat, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata se-Indonesia pada 22-24 Februari 2024.

 

Kelima, Mini Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang.

 

Dalam gelaran event ini, Pemerintah Provinsi Kalbar melibatkan ratusan UMKM, sebagai momentum yang bisa digunakan untuk melakukan promosi produk unggulan hingga kuliner Kalbar.

 

Penjabat Gubernur Kalbar, Harisson berharap dengan terselenggaranya event-event ini, UMKM di Kalbar semakin dipandang di seluruh Indonesia khususnya Kalbar dengan berbagai produk unggulan khas daerah, yang bisa go nasional bahkan internasional.

 

"Ini kesempatan bagi UMKM kita di Kalbar untuk memamerkan produk-produk unggulan. Dan kita harus tunjukkan UMKM kita memiliki produk unggulan khas Kalbar," ujarnya.

 

Kadisporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengatakan gelaran event ini menjadi peluang besar untuk para pelaku industri pariwisata dan ekraf untuk mempromosikan mulai dari kuliner, destinasi wisata, budaya, hingga ekraf dan berbagai produk unggulan dari UMKM di Kalbar.

 

Windy meminta para Pelaku Industri Ekraf di Kalbar untuk terus menangkap peluang promosi lewat berbagai event.

 

"Ini menjadi hal yang sangat menguntungkan bagi Kalbar, khususnya pelaku UMKM," jelasnya.

 

Seperti pada event Saprahan Khatulistiwa, dibuka table top untuk melakukan bisnis matching antara tour operator dengan pihak penyedia untuk mempromosikan apa saja yang ada di Kalbar.

 

Lalu, pada event Kalbar Food Festival 2024 juga dibuka ratusan tenant untuk promosi bagi pelaku UMKM di Kalbar.

 

Diantaranya, Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar turut serta dalam gelaran event Pemprov Kalbar. Dengan membuka tenant promosi untuk produk unggulan dari UMKM binaan.

 

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Diskop UKM Kalbar, Permai Budi Sosatyo mengatakan adanya gelaran event Kalbar terutama Event Saprahan Khatulistiwa dan Kalbar Food Festival sangat bagus sekali, sebagai ajang promosi dan ajang bisnis bagi para pelaku UMKM di Kalbar .

 

“Event ini harus terus sering dilaksanakan kedepannya. Mengingat banyak sekali produk unggulan UMKM di Kalbar,” ujarnya, Selasa 27 Februari 2024.

 

Dikatakannya, berdasarkan data yang ada UMKM di Kalbar yang tercatat saat ini mencapai 225.713 pelaku usaha.

 

Tentu event ini sangat bagus sebagai ajang promosi terutama dalam bidang pemasaran produk UMKM, agar bisa dikenal lebih luas.

 

Koordinator PLUT UMKM Dinas Koperasi, Suherman menambahkan Suherman mengatakan dengan adanya gelaran event Pemprov Kalbar ini diharapkan terus berlanjut, dan lebih semarak lagi.

 

“Semoga event ini terus dipromosikan hingga tingkat nasional, dan bahkan itnernasional,”ucapnya.

 

Jika event ini terus digelar, maka akan banyak pengunjung yang akan melihat dan membeli produk unggulan UMKM di Kalbar.

 

Hal ini, tentu sekaligus sebagai ajang dan media promosi bagi para UMKM di Kalbar. (*)



Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Diskop UKM Kalbar Buka Tenant di Event Akbar Pemprov, Beri Dukungan Promosi Produk UMKM, https://pontianak.tribunnews.com/2024/02/27/diskop-ukm-kalbar-buka-tenant-di-event-akbar-pemprov-beri-dukungan-promosi-produk-umkm?page=all&lgn_method=google.
Penulis: Anggita Putri | Editor: Mirna Tribun

February 27, 2024

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah

Website Resmi Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat

Jalan Sutan Syahrir No. 5 Pontianak 78116
0811573245
diskopukm@kalbarprov.go.id