Pemerintah Kota Singkawang Konsisten Bina Koperasi Saat Pandemi Covid-19

Pemerintah Kota Singkawang Konsisten Bina Koperasi Saat Pandemi Covid-19

SINGKAWANG- Meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat, tetap konsisten melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap bertumbuhkembangnya koperasi/KUD yang ada.

Eksisting Koperasi di Kota Singkawang per 31 Desember 2019 berjumlah 169 koperasi. Dengan rincian 64 koperasi aktif, 39 koperasi tidak aktif dan 69 koperasi yang terkategori bubar. Sedangkan dari jumlah koperasi yang aktif tersebut terdapat 26 koperasi yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Demikian dikemukakan Drs. Muslimin M. Si selaku Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu 11 November 2020, saat membuka Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi/KUD yang dihadiri 40 peserta di Kampung Batu Villa & Resto, Jalan Ahmad Yani Gg. Batu Mas, Kota Singkawang. Narasumber yang dihadirkan adalah Tenaga Ahli Suherman dan Vincent Julipin dari Center for Integrated Services of SMEsCo.

Menurut Muslimin, pihak Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Singkawang terus berupaya mengoptimalkan koperasi-koperasi yang ada untuk konsisten melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). “Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi/KUD yang diselenggarakan untuk pengurus dan pengelola koperasi ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam melakukan pembinaan terhadap koperasi di Kota Singkawang,”ujar Muslimin yang tak menampik dampak pandemic Covid-19 ini ikut memangkas anggaran kegiatan di lingkungan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Singkawang untuk secara bersama menekan penularan Covid-19 ini.

Dengan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi/KUD ini, ujar Muslimin, para peserta yang nota bene pengurus dan pengelola koperasi yang ada di Kota Singkawang, diingatkan kembali untuk konsisten melakukan pembukuan dan penyusunan laporan keuangan dengan baik sebagaimana diamanatkan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Sementara itu Drs. Gustian selaku Kepala Bidang Koperasi dan UMK Kota Singkawang yang juga penanggungjawab penyelenggara kegiatan mengemukakan maksud dan tujuan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi/KUD, adalah memberikan manfaat bagi pengurus dan pengelola untuk konsisten melaksnakan prinsip-prinsip dasar manajemen koperasi yang baik dan benar.  “Upaya peningkatan pengetahuan dan kapasitas sumber daya manusia para pengurus dan pengelola koperasi ini hendaknya dapat memudahkan saat melaksanakan RAT yang tepat waktu, sesuai ketentuan yang berlaku sehingga koperasi dapat berkinerja baik,”ujar Gustian.

Secara terpisah Suherman selaku Koordinator Tenaga Ahli Center for Integrated Services of SMEsCo mengemukakan, materi yang disampaikan diantaranya terkait Rapat Anggota, Dasar-dasar Akuntansi, Administrasi dan Manajemen Permodalan Koperasi dan Praktek Akuntansi Koperasi. “Semoga dengan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi/KUD ini, koperasi-koperasi yang konsisten menyelenggarakan RAT di Kota Singkawang semakin terus bertambah,”ujar Suherman.

Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi/KUD di Kota Singkawang ini diselenggarakan dengan mengikuti prosedur dan ketetapan pandemic Covid-19.

Admin Dinkop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung

Copyright © 2020 | diskopukm.kalbarprov.go.id | Diskop UKM Provinsi Kalbar