Diskop UKM Kalbar Berhasil Duduki Peringkat I Keterbukaan Informasi Publik 2020

Diskop UKM Kalbar Berhasil Duduki Peringkat I Keterbukaan Informasi Publik 2020

PONTIANAK – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar berhasil meraih Juara I pada Penganugerahan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Se-Kalbar tahun 2020 oleh Komisi Informasi (KI) Kalimantan Barat, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Rabu 25 November 2020.

Sebelumnya pada tahun 2018 dan 2019 Diskop UKM Provinsi Kalbar berada pada zona merah Keterbukaan Informasi Publik. Namun di tahun 2020 berhasil menduduki posisi pertama Keterbukaan Informasi Publik Kategori OPD Pemprov Kalbar.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H Ria Norsan mengatakan Diskop UKM Provinsi Kalbar berhasil meraih Juara I Keterbukaan Informasi Kategori OPD Pemprov Kalbar tahun 2020 yang sekarang di pimpin oleh Ansfridus J Andjioe.


Ia mengatakan bahwa tiap Dinas diantaranya Diskop UKM Kalbar yang sebelumnya telah menerima Kuisioner yang telah menyiapkan data yang valid dan berupaya untuk menyampaikan tentang informasi tentang Koperasi dan UMKM.

Ia menyampaikan Diskop UKM Kalbar juga telah memberi informasi lengkap bagaimana memberdayakan dan melakukan upgrade peningkatan mutu dari UMKM dan bagaimana membuat perizinan koperasi sehingga bisa berubah dari zona merah ke zona hijau.

“Kalau terkait rencana program Warkop UMKM Diskop UKM Kalbar bisa disandingkan dengan program Warung Desa nantinya,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar, Ansfridus J Andjioe mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalbar dan Wagub Kalbar atas dukungan selama ini dan telah mempercayai Diskop UKM Kalbar.

Selain itu ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada Komisi Informasi yang telah menyelenggarakan Penganugerahan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Se-Kalbar setiap tahunnya.

Ia mengatakan kedepan akan terus mempertahankan apa yang telah diraih hari ini dan juga akan terus melakukan inovasi dalam pelayanan dan untuk mendukun program Warung Desa Gubernur Kalbar.

“Kami sangat mendukung warung desa yang merupakan Progam Gubernur Kalbar, kedepan melalui Warung Koperasi dan UMKM (Warkop UMKM) akan lebih sfesifik memasarkan produk unggulan UMKM yang bekerjasama dengan Koperasi di Kabupaten Kota,” ujarnya.

Ia mengatakan Warkop UMKM akan lebih spesifik pada produk lokal dan produk yang ada di koperasi.

“Jadi Pak Gubernur mempunyai Program Warung desa, dari Diskop UKM Provinsi mendukung melalui Warkop UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan Diskop UKM Kalbar mendukung apa yang akan di butuhkan masyarakat Kalbar terkait data yang ditampilkan melalui website.

“Sehingga informasi apa yang diinginkan masyarakat bisa langsung didapat informasinya,” ujarnya.

Ditempat yang sama Juru Bicara PPID Diskop UKM Provinsi Kalbar, Veronika Eka Purwanti sekaligus sebagai Kepala Seksi Pengembangan, Penguatan dan Perlindungan Koperasi menjelaskan bahwa kedepan

Peran PPID Diskop UKM Kalbar akan terus berusaha secara optimalisasi dalam penyampaian informasi.

Ia mengatakan seperti diketahui informasi merupakan kebutuhan dasar yang diinginkan oleh masyarakat guna pengambilan keputusan baik itu dari pemerintahan dan stake holder terkait yang -betul betul menbutuhkan informasi yang valid.

“Mulai dari pemerintakan, BUMN, BUMD tidak lupa juga UMKM di kabupaten kota dan koperasi kami berharap dengan adanya PPID Diskop UKM Provinsi Kalbar akan terus berinovasi dan mengimpelementasi keterbukaan informasi publik,” ujarnya.

“Harapan kami bisa bersama-sama mewujudkan program Warung Desa Gubernur Kalbar untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Ketua Komisi Informasi (KI) Kalbar, Syarif Muhammad Herry mengatakan bahwa standar dari penilaian yang ada memang sudah tersusun dalam pedoman umum.

“Jika ada badan publik yang tadinya mungkin berada di zona katakanlah merah, kuning dan biru dan sekarang mendapatkan hijau. Maka dari itu mereka telah melakukan pembenahan diri ,” ujarnya.

Pembenahan diri yang dilakukan mulai dari bagaimana tampilan website, pelayanan di ditempat tersebut. Namun yang tidak kalah penting adalah komitmen pimpinan yang berpengaruh terhadap peningkatakan yang signifikan.

“Badan publik yang mungkin tadi berada di zona belum informatif dan sekarang menjadi informatif itulah yang menjadi trend positif di tahun 2020,” pungkasnya. (*)

Sumber:
https://pontianak.tribunnews.com/2020/11/25/dari-zona-merah-diskop-ukm-kalbar-berhasil-duduki-peringkat-i-keterbukaan-informasi-publik-2020

Admin Dinkop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung

Copyright © 2020 | diskopukm.kalbarprov.go.id | Diskop UKM Provinsi Kalbar