Dinas Koperasi UKM Kalbar Gelar Pameran berdayakan UMKM di Kalbar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalimantan Barat menggelar kegiatan pameran dalam rangka Peringatan Hari Kewirausahaan, Koperasi dan UMKM tahun 2024, yang berlangsung pada 8 -10 Agustus 2024, di Kantor Diskop UKM Provinsi Kalbar.

Kegiatan pameran Kewirausahaan, Koperasi dan UMKM yang diinisiasi Diskop UKM Provinsi Kalbar, secara simbolis dibuka oleh Pj Gubernur Kalimantan BaratHarisson, sekaligus launching Pojok Koperasi dan UMKM oleh Pj Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari, bertempat di Gedung PLUT Dinas Koperasi UKM Kalbar, Kamis 8 Agustus 2024.

 

Pada acara ini juga dihadirkan stand berbagai macam produk lokal, mulai dari produk kerajinan, craft, kuliner, dan produk Ekraf dari para pelaku usaha dari binaan Diskop UKM Kalbar, maupun perbankan, Koperasi dan pihak swasta lainnya di Kalbar.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson mengatakan hari ini merupakan momentum istimewa dalam peringatan Hari Kewirausahaan, Koperasi dan UMKM di Provinsi Kalbar.

 “Kita di Kalbar terus berupaya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, di kalangan masyarakat. Bahkan,dari usia tamat sekolah anak-anak kita sudah harus punya mindset buka usaha dan menciptakan lapangan kerja. Ini tentu sangat baik dalam menjaga pertumbuhan ekonomi Kalbar,”ujar Harisson.

 “Saya mengucapkan terima kasih kepada yang terlibat dan yang terus berupaya untuk membina UMKM, memberikan pembiayaan dan melakukan business matching dalam mempertemukan UMKM kita dengan pasar,”ujarnya.

 

Sehingga Koperasi dan UMKM di Kalbar, kata Harisson tidak menjadi kecil selama nya, tapi terus tumbuh kedepannya.

 

Mengenai business matching ini kata Harisson, saat ini sudah banyak masyarakat yang bergerak di bidang UMKM, Ekraf, Pariwisata. Tentu produk ini harus terus dipasarkan hingga pasar internasional.

 

“Mungkin mereka akan kebingungan mau dibawa kemana produk mereka. Maka kita upaya lakukan bisnis matching. Misalnya ada pameran produk. Lalu saat yang sama kita datang pengusaha yang siap membeli produk khas daerah kita, hingga dikenal ke pasar luar negeri,”pungkasnya.

 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalimantan Barat, Drs Junaidi mengatakan tujuan kegiatan ini dalam rangka menggelorakan kembali semangat untuk berkoperasi dan berusaha.

 

“Lewat kegiatan ini kita ingin menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan masyarakat, khususnya bagi kawla muda di Provinsi Kalbar,”ujarnya.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian semarak HUT ke-79 RI, di Provinsi Kalbar, dengan melibatkan pihak Perbankan, non perbankan, UMKM kuliner dan Kraft, yang juga dimeriahkan dengan berbagai lomba menarik. (ang)



Sumber:

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Dinas Koperasi UMKM Kalbar Gelar Pameran berdayakan UMKM di Kalbar, https://pontianak.tribunnews.com/2024/08/09/disnas-koperasi-umkm-kalbar-gelar-pameran-berdayakan-umkm-di-kalbar

03 September 2024